Rabu, 21 Maret 2018

Analisis visi dan misi




Apa itu visi dan Misi ?

Visi adalah sebuah gambaran tentang masa depan dimana sebuah organisasi akan berada. Visi juga menjelaskan yang akan terjadi atau dicapai oleh sebuah organisasi pada masa depan itu dan harus menjelaskan mengapa akan terjadi seperti itu. Menurut Wibisono (2006) visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan.
Misi adalah yang menjabarkan esensi dari niat organisasi dan menjelaskan kapan, dimana dan bagaimana mereka akan merealisasikan visimereka. Menurut Wibisono (2006) misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi, yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa.

     Kriteria visi yang baik :
-          Visi merupakan tujuan utama
-          Visi di tuliskan hanya dengan satu kalimat yang jelas, sarat informasi dan fokus pada tujuan
-          Visi merupakan keinginan terbesar sebuah perusahaan, instansi atau organisasi

Kriteria misi yang baik :
-          Misi boleh dituliskan dengan beberapa kalimat
   Misi berisi rangkaianaksi yang akan dilakukan oleh perusahaan, universitas, organisasi, maupun instansi dalam mencapai visi atau mimpi utamanya


PT SINAR SOSRO

Berdirinya PT. Sinar Sosro
Agar bisa melayani pasar dengan lebih baik, Soegiharto Sosrodjojo dan saudara-saudaranya memutuskan untuk memisahkan usaha teh siap minum dalam kemasan dari usaha teh seduh keluarga Sosrodjojo yakni dengan mendirikan sebuah perusahaan baru. Perusahaan baru ini diharapkan akan bisa lebih focus dalam melayani dan mengembangkan pasar minuman teh siap minum dalam kemasan botol beling.
Pada tangal 17 Juli 1974, Soegiharto Sosrodjojo dan saudara-saudaranya resmi mendaftarkan perusahaan baru tersebut dengan nama PT. Sinar Sosro, yang berdomisili di Jalan Raya Sultan Agung Km. 28, Medan Satria, Bekasi – yang juga merupakan lokasi pabrik pertama Tehbotol Sosro sekaligus merupakan Pabrik teh siap minum dalam kemasan yang pertama di Indonesia dan di dunia.

VISI :
  PT Sinar Sosro adalah Menjadi perusahaan minuman kelas dunia yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen, kapan saja, dimana saja, serta memberikan nilai tambah untuk semua pihak terkait. Dengan salah satu misinya adalah Membangun merek Sosro sebagai merek yang alami, berkualitas, & unggul.

MISI :
  Meningkatkan jaringan distribusi baik ( Nasional atau Internasional) dengan memasarkan produk baru di bidang minuman.

ANALISA
Menurut saya visi pada PT sosro sudah membuat visi yang cukup jelas, dapat dilihat pada pernyataan bahwa PT sosro ingin menjadikan perusahaan minuman kelas dunia dan membangun merk sosro menjadi yang berkualitas dan unggul, dari visi pertama tersebut sudah telihat bahwa PT sosro mempunyai perencanaan yang cukup komitmen pada keunggulan perusahaannya. Pada visi tersebut sudah memenuhi kriteria visi yang baik karena ditulis dengan menggunakan kalimat yang cukup jelas dan fokus pada tujuannya, perusahaan tersebut juga memiliki keinginan yang sangat tinggi untuk bisa  dikenal dan mencapai minuman kelas dunia dan menjadikan produk yang berkualitas. Terlihat pada visi tersebut bahwa PT sosro memiliki pencapaian dalam waktu jangka panjang sehingga perusahaan tersebut dapat terus berkemba.
Pada misinya tersbut juga telihat bahwa tindakan yang membantu untuk mewujudkan visinya tersebut yaitu ”Meningkatkan jaringan distribusi baik (Nasional atau Internasional) dengan memasarkan produk baru di bidang minuman” telihat pada visi misi tersebut saling berkaitan untuk mewujudkan agar PT sosro dapat menjadikan minuman kelas dunia baik di nasional maupun internasional .


PT YAKULT PERSADA

       Pada tahun 1930, Dr Minoru Shirota, pendiri perusahaan Yakult, berhasil mengkulturkan berbagai jenis bakeri asam laktat dan memilih satu jenis bakteri yang paling tahan terhadap cairan pencernaan seperti asam lambung dan cairan empedu sehingga bisa sampai ke usus halus dalam keadaan hidup. Dia kemudian menjadi orang pertama yang berhasil memperkuat dan budaya strain lactobacillus, yang sekarang dikenal sebagai Lactobasilus Casei Shirota Strai
       Lactobasilus sendiri berarti batang, sedangkan Casei berati keju dan Shirota Strain adalah penemunya. Dr Shirota, bersama dengan relawan kemudian mengembangkan sebuah produk minuman yang diberi nama Yakult. Pusat penelitian Yakult didirikan ada tahun 1967. Terdapat 300 tenaga ahli yang melakukan penelitian tentang manfaat bakteri yang menguntungkan bagi manusia. Pusat penelitian ini bernama Yakult Central Institute for Microbiological Researh yang berlokasi di Jepang.

    Tujuan Perusahaan        :
-          Meraih profit dan benefit perusahaan dengan menjadi pelopor Probiotik minuman sehat untuk keluarga dengan mengoptimumkan untuk pemeliharaan usus, melalui tenaga kerja dan karyawan yang memiliki komitmen terhadapperusahaan dan lingkungan.
-          Memberikan komitmen kepada konsumen untuk tetap mempertahankan misi tersebut dengan mengintegrasikan semua aspek perusahaan.

    Visi Perusahaan       Mengekplorasi kemungkinan pemanfaatan bakteri berguna untuk meningkatkan kesehatan manusia.
    Misi Perusahaan      :Sebagai Pelopor Prebiotik minuman Yakult yang sehat yang membantu dalam menjaga usus

Analisis
Pada visi PT Yakult terlihat memberikan gambaran tentang masa depan perusahaan untuk mencapai perkembangan dengan menjadi pelopor Probiotik minuman sehat untuk keluarga dengan mengoptimumkan untuk pemeliharaan usus, melalui tenaga kerja dan karyawan yang memiliki komitmen terhadap perusahaan dan lingkungan serta memiliki teknolgi yang canggih. Visi yang diberikan juga cukup jelas pada fokusnya dan keinginan terbesar perusahaan yakult ada untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.
Pada misinya memiliki upaya dalam mendukung visinya yaitu “sebagai pelopor prebiotik minuman yakult yang sehat dan membantu dalam menjaga usus”. Terlihat antara visi dan misinya tersebut sama sama ingin meningkatkan kesehatan masyarakat dan saling berkaitan


Garuda Food
Misi
·         Kami adalah perusahaan pembawa perubahan yang menciptakan kemanfaatan bagi masyarakat berdasarkan prinsip saling menumbuh kembangkan.

Visi
·         Perusahaan makanan dan minuman terdepan di Indonesia

FILOSOFI PERUSAHAAN
1. Nilai-nilai kemanusiaan
2. Etika bisnis
 3. Persatuan melalui keharmonisan
 4. Cepat dan unggul dalam inovasi
5. Bekerja cerdas dalam budaya pembelajaran

Analisis
Menurut saya terlihat pada visi tersebut Garuda Food mempunyai perencanaan yang cukup fokus pada sasaran, walaupun visi tersebut kurang menggambarkan untuk pencapaian jangka panjang karena terlihat paa kalimat yang hanya inggin menjadi terdepan di indonesia tetapi tidak berkembang.
Pada misi, kurang terlihat untuk mewujudkan visi tersebut dalam misi terdapat kalimat perusahaan pembawa perubahan yang artinya akan selalu berkembang tetapi kurang sesuai dengan yang di gambarkan visinya yang hanya ingin menjadi yang terdepan di indonesia saja.




Sumber :

http://www.garudafood.com

http://www.yakult.co.id/

http://www.sinarsosro.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar